Selamat datang di blog ini

Apa Itu Single Line Diagram

Single line diagram adalah diagram satu jalur bila diterjemahan ke dalam bahasa Indonesia . Single line diagram itu biasanya memuat jalur listrik dari sumber utama (misalkan generator) sampai ke beban (user).

Contoh Single Line Diagram

Single line diagram merupakan ringkasan dari gambar listrik 3 fasa. Silahkan liat gambar dibawah, anggap saja ada sebuah circuit breaker (CB) 3 pole dilalui oleh sebuah listrik 3 fasa (R, S dan T). Gambar warna merah menyatakan bahwa ada 3 buah garis yang mewakili listrik 3 fasa (R, S dan T).

Sedangkan yang berwarna biru adalah contoh single line diagram. Listrik yang 3 fasa dalam gambar diringkas menjadi hanya 1 line saja, sehingga disebut single line diagram. Mudah kan.

single line diagram
Contoh Single Line Diagram

single line diagram  
single line diagram
Gambar diatas adalah gambar single line diagram di Power Plant LNG, saya tidak kasih liat semua karena ada merek perusahaannya. Jadi hanya sebagian saja.


single line diagram simbol 
single line diagram simbol

Nah.. gambar diatas adalah gambar zoom in, sehingga kamu bisa liat simbol VCB, CT dan Trafonya. Selain jalur listrik, di single line diagram kamu juga dapat mengetahui besaran dari sebuah equipment, misalkan trafo, kamu dapat liat berapa besar trafonya, jenisnya ONAN, trafonya trafo konfigurasi delta/star.

Bicara simbol, kamu juga harus tau ada 2 standard simbol, yakni ANSI dan IEC. Ga beda-beda jauh sih, yang penting kamu paham aja dulu sekarang dengan single line diagram, jadi kalo ada orang nanya ‘apa itu single line diagram?’. Kamu sudah bisa jawab.

Contoh lagi ya, sekarang saya buatkan contoh single line diagram sederhana di software ETAP.

single line diagram etap 
Apa yang kamu dapat dari single line diagram di atas? Disana ada generator 60MW, melewati Bus Bar lalu trafo lalu busbar lagi, terakhir ke motor.

Kesimpulan

Single line diagram itu gambar listrik satu garis, contohnya ya seperti gambar yang sudah saya jelaskan diatas. Biasanya, jika kamu Freshgraduate di dunia kerja akan ditanya ‘bisa baca single line diagram’? Kamu harus bilang bisa dong, karena kamu sudah baca blog ini.

Ya bilang saja bisa, lalu jika disodorin gambar kamu liat paling atas biasanya generator terus lirik dan tunjuk ke bawah ada simbol circuit breaker, trafo, dan motor. Sebut juga nilai-nilainya Minimal kamu jawab seperti itu udah oke.

Tipsnya: Cari tau simbol-simbol umum (generator, circuit breaker, trafo, motor).
Catatan kecil (ini untuk tingkat lanjut, bagi pemula cukup dibaca aja kalimat dibawah ini):
Bahwa single line diagram tidak melulu ada generator, ataupun gambaran sistem listrik, bisa saja berbentuk Feeder Motor.

Reference : Rekayasa LIstrik

Late Night, 18-2-1436,  Kosan tercinta
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Knowledge On Performance - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger