Selamat datang di blog ini

Apa itu Cos Pi

Bismillah .

hai pembaca yang keren gimana kabarnya ? sehat ? hehe . bagi ilmu nih tentang cos pi itu apa, check this out :

Cos pi atau ditulis dengan Cos phi atau Cos φ, merupakan perbandingan daya nyata dengan daya semu. Ingat rumus daya, P = S Cos φ, maka Cos φ = P / S. Istilah lain Cos pi adalah faktor daya (power faktor, pf) dan tidak ada satuan untuknya.


Contoh capasitor bank di panel listrik (tuh yang tabung silver dibawah), beuh keren








Nilai Cos pi atau faktor daya suatu beban rangkaian listrik berkisar antara nol hingga satu. Faktor daya tinggi dengan nilai mendekati satu merupakan faktor daya yang bagus, sebaliknya faktor daya rendah dengan nilai mendekati nol merupakan faktor daya yang buruk. Untuk beban resistif atau resisitor murni, faktor dayanya sangat baik yaitu satu, karena P = S, artinya daya yang dihamburkan oleh beban listrik (P) sebanding dengan arus yang dibebankan padanya. Bila faktor dayanya jelek, misalnya pada beban induktif, maka akan mengakibatkan arus beban meningkat, dengan daya (P) yang sama.

Kenapa perlu tau cos pi ?

karena kalau dibiarin aja entar bayar listriknya boros, jadi kita perlu tau nih solusinya gimana untuk naikin nilai cos pi , sekalian biar kita bisa hemat bayar listrik , hehe .

caranya yaitu dengan memasang beban kapasitif , atau kasarnya dikasih kapasitor rangkaiannya dengan cara diparalelkan dengan beban induktif seperti lampu TL yang panjang itu tau kan ? , nah terus contoh lain juga yaitu motor listrik.

contoh lain juga kalau di industri misalnya sering banget dipake kapasitor bank, buat apa ? yakni supaya bayar listrik industrinya murah, hehe keren kan .


Kesimpulan:

- Faktor daya suatu rangkaian RL (induktor, beban induktif) dapat dikoreksi atau dinaikkan dengan memasang C (kapasitor, beban kapasitif) secara pararel dengan rangkaian RL, contoh di atas Cos pi 0,62 dikoreksi menjadi 0,78
- Jika faktor daya dinaikkan, maka kebutuhan arus listrik akan menurun, contoh di atas arus 1,25 A menjadi 1 A
- Daya aktif (P) merupakan daya yang didisipasi oleh rangkaian, nilainya tetap, tidak berubah, seperti halnya tegangan (V). 

terima kasih, moga bermanfaat .

Source : Elektronika Bersama

21-02-1436 , malam rindu di pemuda .
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Knowledge On Performance - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger